Panasonic Awards 2006 10 tahun? Wow, luar biasa sekali kerja keras team marketing PT. Panasonic Gobel Indonesia selama satu dekade. Salut!!!...
Di sisi lain, saya juga sedih, sebagai anak bangsa yang melihat apresiasi insan pertelevisian Indonesia dikuasai oleh suatu produk. Suatu budaya kapitalisme, yang di negara paling kapitalis sekalipun, Amerika Serikat, tidak dilakukan.
Bagi saya, sangatlah tidak etis jika nama penghargaan tersebut adalah nama sebuah produk. Ada cara-cara yang lebih elegan. Idealnya, ada baiknya insan pertelevisian Indonesia mencontoh insan musik Indonesia, dengan adanya Anugerah Musik Indonesia. Atau Panasonic dapat mencontoh langkah elegan Mustika Ratu yang mempelopori berdirinya Yayasan Putri Indonesia dalam event "Pemilihan Putri Indonesia". Saya pribadi berharap, insan pertelevisian Indonesia sendiri yang membentuk suatu yayasan untuk mengadakan suatu event penghargaan bagi insan pertelevisian Indonesia dengan menamakan penghargaan tersebut menggunakan nama seorang yang sangat berjasa dalam pertelevisian Indonesia.
Bisnis adalah bisnis, selalu ada kepentingan yang terselubung di dalamnya. Kalau suatu pengahargaan bertajuk nama suatu produk, apakah kita yakin dengan keabsahan hasilnya. Apakah tidak ada kepentingan bisnis di dalamnya?
No comments:
Post a Comment