Wednesday, November 29, 2006

Stop Burning Flags!!!


Bush datang ke Indonesia...ramailah sebagian rakyat Indonesia membakar bendera Amerika Serikat. Seorang kartunis berdosa karena telah melecehkan umat Islam dalam salah satu karyanya...terbakarlah bendera Denmark. Kebijaksanaan pemerintah Indonesia berlaku tidak sesuai dengan keinginan masyarakat internasional...terbakarlah bendera Indonesia, Sang Saka Merah Putih.


Bendera adalah simbol suatu negara, suatu negara yang terdiri dari rakyat, wilayah dan pemerintahan. Jika pemerintahan berlaku dosa, apakah bijaksana bagi kita untuk membakar benderanya, menghina rakyatnya? Saya pribadi tersayat, terketuk hati dan murka saat menyaksikan berita di televisi beberapa tahun silam, mahasiswa Australia membakar bendera Indonesia karena tidak setuju dengan kebijaksanaan pemerintahan Indonesia terhadap wilayah Timor Timur pada saat itu. Apa salah Rakyat Indonesia sehingga benderanya dibakar?
Sehingga, ada baiknya kitapun berpikir, ada kemungkinan beberapa rakyat negara lain pun berpikiran sama:"Apakah salah rakyat kami, sehingga bendera kami, kalian bakar?".

Sekali lagi, Jika pemerintahan berlaku dosa, apakah bijaksana bagi kita untuk membakar benderanya, menghina rakyatnya?...Mari kita renungkan.

No comments: